Alasan COD Jualan Online Makin Untung!

Alasan COD Jualan Online Makin Untung!

COD Jualan Online – Pembelian barang menggunakan sistem COD saat ini sedang diminati oleh  konsumen. COD merupakan sebuah metode pembayaran saat barang sudah sampai di tempat tujuan alias bayar di tempat.

Metode ini lebih disukai oleh konsumen sebab praktis dan menjamin keamanan berbelanja. Namun, untungkah metode ini bagi online sellernya? Ya, metode ini tidak hanya untuk konsumen saja, tapi juga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi online seller. Inilah beberapa keuntungnya yang didapat online seller jika menggunakan metode COD jualan online!

#1 Mendatangkan Pelanggan Baru

Sistem COD ini mampu untuk menarik hati konsumen terutama mereka yang baru pertama kali bertransaksi secara online. Dengan menggunakan sistem ini kamu nggak cuma dapat pelanggan setia, tapi juga bisa punya pelanggan baru. Pastinya, nanti akan menjadi pelanggan setiamu juga.

#2 Penjualan Semakin Meningkat

COD ini lebih menarik dan diminati oleh konsumen. Dengan begitu, kunjungan konsumen ke toko online kamu akan semakin banyak dan tentunya membuat penjualan ikut meningkat.  Wah, pasti makin untung penjualanmu!

#3 Membangun Kepercayaan Pelanggan

Menjaga kepercayaan konsumen merupakan kunci kesuksesan berbisnis online. Metode pembayaran seperti ini aman dan mampu menjaga kepercayaan komsumen. Kepercayaan tentu akan membuat konsumen merasa puas berbelanja di toko online kamu. Jika konsumen puas, pastinya mereka akan terus repeat order di toko kamu.

#4 Rekomendasi

Dengan menggunakan sistem COD ini membuat barang belanjaan akan tiba tepat waktu di tujuan. Kondisi barang juga sesuai dengan foto dan keterangan, serta kemasan barang rapi dan aman.

Selain itu, pemilihan jasa pengantaran barang terpercaya juga dapat menambah nilai toko online kamu di mata pelanggan. Dengan begitu, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan toko online kamu ke sahabat, kolega maupun keluarga.

Sebelum melakukan pembayaran menggunakan metode COD, ada beberapa hal yang perlu kamu (konsumen) ketahui. Berikut ini catatannya!

#1 Wilayah yang Sulit Dijangkau

Wilayah pengantaran perlu kamu jadikan catatan. Karena akan sulit bagi penjual untuk menyediakan atau mengabulkan permintaan konsumen untuk layanan ini. Biasanya layanan cash on delivery ini dilakukan oleh konsumen dan penjual yang berada dalam satu wilayah yang sama, atau dekat.

Nah, bagi penjual juga harus mencantumkan wilayah COD-mu, ini agar tidak mengecewakan pembeli yang terlanjur memilih mode ini, tapi ternyata tidak bisa dilakukan.

#2 Tambahan Biaya Ongkir

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar yang penting adanya kesepakatan antar pembeli dan penjual, jika ongkos kirim tersebut harus ditanggung bersama atau oleh salah satu pihak. Biasanya yang terkena biaya ongkir tambahan jika berada di luar wilayah COD. Tambahan biaya sekitar Rp. 15.000-30.000. Sesuai jarak dan penyedia jasa pesan antar yang kamu pilih.

#3 Kelebihan dan Kekurangan COD

Layanan COD dapat memudahkan konsumen ketika membeli suatu barang yang diinginkan. Layanan yang biasanya tersedia untuk wilayah yang sama, membuat konsumen tidak perlu mencari barang dari luar kota. Namun, COD memiliki kekurangan seperti terjadinya penipuan sangat mungkin dirasakan atau diterima, baik pihak penjual ataupun pembeli. Maka, berhati-hatilah jika kamu ingin melakukan metode pembayaran COD.

Leave a Reply