You are currently viewing Cara Mempercepat HP Android yang Lemot!

Cara Mempercepat HP Android yang Lemot!

Cara Mempercepat Android Lemot – Buat para pengguna hp Android pasti pernah mengalami lelet saat digunakan. Pastinya membuat kecewa, apalagi kita sangat butuh sekali hp tersebut. Lebih kecewa lagi kalau membelinya dengan harga hingga puluhan juta rupiah.

Memang, pada saat awal membeli ponsel bekerja dengan baik dan lancar. Namun, setelah beberapa bulan bahkan tahun kinerja ponsel akan berkurang. Lemot sebenarnya tidak akan selalu terjadi. Ada beberapa penyebab hp andoid lemot dan ada cara mengatasinya.

Kalian bisa coba beberapa cara berikut ini cara mempercepat Android lemot. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Update OS

Ponsel Android kalian harus sudah diperbaharui dan memakai sistem operasi terbaru. Caranya cukup mudah, masuklah ke Setting pada ponsel, kemudian pilih About Device. Lalu, pilihlah Software Update, klik tombol Chek for Update.

Lakukahlah update jika diperlukan. Update ini selain memperbaiki kinerja ponsel juga berisikan beberapa fitur baru. Lakukanlah juga pada aplikasi yang terpasang pada ponsel. Hal ini juga membantu perbaiki kinerja ponsel yang sudah melemah.

Namun, tidak semua ponsel Android memiliki update sistem dan keamaan. Jadi, lebih amannya kalian memilih ponsel yang selalu memperbaruhi software mereka. Jadi, hp kalian akan lebih awet.

2. Sering Membersihkan HomeScreen

Pada layar home screen pasti sering dipernuhi oleh pintasan aplikasi yang baru dipasang atau aplikasi yang sering dipakai. Nah, sebaiknya kalian sesering mungkin untuk membersihkan pemintas tersebut, hapus dan pasanglah yang sekiranya penting.

Selan itu, pastikan kalian menggunakan wallpaper yang bersifat statis. Jangan pernah menggunakan wallpaper yang bergerak, sebab akan membebani kinerja ponsel kalian.

3. Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai

Ada aplikasi yang jarang kamu pakai? Sebaiknya, dihapus saja. Sebab, aplikasi tersebut memnggunakan sebagian ruang dalam ponsel dan membebani ponsel. Jika ada aplikasi yang tidak bisa dihapus, maka yang harus kalian lakukan adalah menonaktifkan aplikasinya.

Dengan cara, masuk ke Setting, kemudian pilih Apps dan liatlah apasaja aplikasi yang ada. Jika ada aplikasi yang tidak dipakai, klik dan pilih disable/nonaktfikan untuk mematikan tanpa menghapusnya. Jika ada pilihhan unistall, kalian bisa klik nanti aplikasinya akan terhapus. Ingat, hapuslah aplikasi yang benar-benar tidak digunakan.

4. Membersihkan Cache Aplikasi

Aplikasi selalu menyimpan data cached untuk mempercepat aplikasi saat dibuka. Seiring berjalannya waktu, data ini menumpuk dan memakan ruang penyimpanan. Pastinya, dengan data menumpuk ini membuat kinerja ponsel akan berkurang.

Maka, lakukanlah penghapusan data chaced ini dengan cara, masuk ke Setting. Kemudian, pilihlah apps dan pilihlah aplikasi yang menyimpan banyak cached. Buka aplikasi dan pilih clear cache.

Setiap Android memiliki cara yang berbeda-beda. Ada juga yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Lihatlah jenis Android yang kalian gunakan, dan cara lainnya untuk menghapus cache.

Inilah beberapa cara yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply