You are currently viewing Meningkatnya Suhu Panas Bumi Mencapai 50 Derajat!

Meningkatnya Suhu Panas Bumi Mencapai 50 Derajat!

Mengkhawatirkan! Suhu panas bumi kian melonjak dan membuat penduduk di bumi takut. Sebab, jumlah hari dengan suhu panas mencapai 50 derajat semakin meningkat. Banyangkan, sejak tahun 1980-an sudah meningkat hingga 2x lipat.

Dibandingkan dengan sebelumnya, suhu panas di bumi sering terjadi. Tentunya menjadi tantangan bagi kesehatan manusia dan cara kehidupan manusia. Pada tahun 1980-2009 suhu 50 derajat hanya sekitar 14 hari setahunnya. Sedangkan pada tahun 2010-2019 meningkat menjadi 26 hari.

Diperiode yang sama, terjadi peningkatan suhu 45 derajat celsius ke atas selama 2 minggu lebih dalam setahun. “Peningkatannya bisa 100% dikaitkan dengan pembakaran bahan bakar fosil,” kata Dr Friederike Otto, direktur asosiasi Environmental Change Institute di University of Oxford.

Menurut analisis BBC juga menemukan bahwa dalam dekade terakhir suhu maksimum meningkat 0,5 derajat celcius dibandingkan jangka panjang pada tahun 1980-2009. Namun, peningkatan ini hanya dirasakan oleh beberapa wilayah saja. Eropa Timur, Afrika bagian selatan, dan Brasil mengalami peningkatan lebih dari 1 derajat celcius dan sebagian Kutub Utara dan Timur Tengah mencatat kenaikan lebih dari 2 derajat celcius.

Oleh karena itu, ilmuan di dunia meminta untuk segera mengambil tindakan dari pemimpin dunia pada pertemuan puncak PBB di Glasgow pada bulan November mendatang berkomitmen mengurangi emisi supaya membatasi kenaikkan suhu global.

Dampak dari pemanasan global, antara lain:

1. Pertanian

Peningkatan suhu bumi membuat petani terganggu oleh kebakaran dan perubahan periodisitas musiman. Selain itu, terjadinya perubahan padang rumut dan persediaan air berkurang yang menyebabkan penggembalaan dan kesejahteraan ternak dan tanaman di dalam negri terganggu.

2. Kesehatan

Suhu bumi yang meningkat menyebabkan tingkat kematian meningkat hinga 2x lipas dibantingkat kematian di musim dingin. Iklim yang hangat akan mendorong migrasi penyebaran penyakit akibat serangga seperti nyamuk dan malaria di wilayah yang sebelumnya tidak ada.

3. Pencairan Kutub

Dampak negatifnya adalah hilangnya habitat beruang kutub dan meningkatnya pergerakan es yang berbahaya untuk pengiriman. Namun, baik untuk perairan hangat meningkatkan gletser Greenland dan mencairnya tudung es, serta meningkatkan suhu tundra Arktik.

4. Lingkungan

Efek positifnya adalah meningkatnya pertumbungan tanaman di Amazon, peningkatan vegetasi di lintang utara dan kemungkinan peningkatan biomasa plankton di beberapa bagian laut. Dampak negatifnya adalah kontaminasi atau kejenuhan air tawar, peningkatan peristiwa kebakaran alami, meluasnya vegetasi yang mati karena kekeringan dan gangguan rantai makanan.

5. Ekonomis

Pada ekonomi dampak negatifnya adalah terjadinya gangguan pasokan energi, keuangan, investasi dan asuransi. Di negara berkembang terjadi masalah air, makanan dan lain-lainnya. Perubahan ini tentunya membuat negara mengalami kerugian dan memaksa manusia untuk beradaptasi sosial dan ekonomi.

Leave a Reply