Penjual Online, Perlu Siapkan Ini Agar Laris Manis!

Penjual Online, Perlu Siapkan Ini Agar Laris Manis!

Penjual Online – Sebentar lagi sudah bulan Ramadhan aja nih! Bulan Ramadhan ini disusul dengan lebaran IdulFitri. Di menjelang lebaran ini menjadi momen dimana para pedagang atau penjual dagangannya semakin laris hingga lebaran tiba. Sebab, perputaran uang di tengah masyarakat di bulan ini sangat besar.

Para pedagang offline dan online harus mempersiapkan stok dagangannya dari jauh hari, apalagi lebaran sudah semakin dekat. Gunanya agar produk yang dipasarkan semakin menarik minat masyarakat untuk dibeli.

Nah, buat penjual online yang baru terjun ke dunia digital, ada beberapa tips yang perlu dipersiapkan menjelang bulan Ramadhan ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

#1 Perbarui Toko

Menurut data Tokopedia tahun 2020 mengatakan bahwa mitra yang meng-upgrade ke Power Merchant mendapatkan order 5 kali lebih banyak dibanding Regular Merchant. Saat jelang Ramadhan inilah waktu yang tepat untuk meng-upgrade toko.

Banyak fitur ekslusif yang bisa kamu gunakan agar tokomu jadi pilihan pembeli selama Ramadan. Disini penjual bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti bebas ongkir, jadi toko pilihan pembeli, dan promosi dengan broadcast chat.

Selain itu, penjual juga bisa mendapatkan tambahan 5% Ekstra Kredit TopAds setiap top-up, 200 Etalase Toko, Produk Unggulan, Dekorasi Toko dan masih banyak lagi.

#2 Menjual Parsel pada Bulan Ramadhan

Penjualan parsel ini meningkat hingga 4 kali lipat selama bulan Ramadhan. Rencana Tokopedia akan mengadakan kampanye Parsel Ramadan lagi tahun ini yang bisa diikuti semua Seller.

Ada beberapa parsel yang diminati oleh pembeli yaitu kue kering, cookies, minuman, snack, kue dan cake, kopi, hijab dan pashmina, alat ibadah, lilin, dan reed diffuser. Tapi, ada juga beberapa produk yang diprediksi akan di cari oleh pembeli selama Ramadhan ini.

Produk tersebut itu adalah buah-buahan dan daging sapi. Untuk kesehatan ada obat herbal hingga vitamin dan nutrisi. Pada fashion pria ada jam analog hingga sneaker. Sedangkan fashion wanita ada masker kain hingga daster.

#3 Halaman Toko yang Memesona dan Unik

Pada bulan Ramadhan ini merupakan kesempatan besar untuk menarik lebih banyak pembeli belanja ke toko. Caranya dengan mengoptimalkan tampilan halaman toko dan halaman produk agar calon pembeli tertarik untuk mengunjungi tokomu.

Sebab, ada masyarakat yang hendak berbelanja secara online biasanya mengikuti alur seperti ini. Mulai dari produk yang dilihat, melihat halaman produk, masukkan produk yang menariknya ke keranjang, dan akhirnya ke pembayaran.

#4 Fitur Promosi

Fitur promosi ada 3 yang bisa digunakan oleh para penjual online. Pertama, promo bebas ongkir yang merupakan fitur promo favorit pembeli. Kedua, membuat voucher toko sendiri. Ada 2 jenis voucher toko yang dapat dibuat, yaitu voucher gratis ongkir dan voucher cashback.

Ketiga, pasang iklan TopAds. Dengan fitur ini, kamu hanya perlu menentukan anggaran harian, karena sistem pintar iklan Otomatis akan memilih produk dan biaya per klik yang tepat untuk mengoptimalkan iklanmu.

#5 Interaksi

Penjual bisa melakukan interaksi di media sosial dengan calon pembeli maupun pelanggan setia. Ini bisa dimanfaatkan misalnya dengan menaruh link toko online di bio media sosial. Selain itu, kamu bisa melakukan promosi pada saat sahur dan buka puasa.

Leave a Reply